Negara paling Inovatif di Dunia, Indonesia Sibuk Urus Agama.

Negara paling inovatif di dunia? Kira-kira negara apa ya? Pasti penasaran dan bertanya-tanya apakah Indonesia termasuk dalam Negara Paling Inovatif di Dunia? Well, Indonesia masuk sih, tapi jauh di bawah.
Sebuah riset kolaborasi antara Cornell Sc johnson College of Business, The Business School For The World  atau INSEAD, dan World Intelectual Property Organization (WIPO), merilis laporan The Global Innovation Index 2017 edisi ke 10, laporan ini membuat peringkat kinerja dari 127 negara di dunia, meliputi 97 persen dari produk domestic bruto dunia tahun 2017.  Hasilnya Swiss menjadi negara  nomor 1 sebagai negara paling inovatif di dunia, disusul oleh Swedia, belanda, Amerika, dan Inggris. Dari data 10 besar, sebenarnya ada 1 negara asia atau negara tetangga kita yang masuk dalam 10 besar, yaitu Singapura yang menempati posisi 7. Lantas bagaimana dengan Indonesia?
Indonesia oh indonesia, negara kita ternyata dan ternyata (dan cukup menyedihkan) berada di posisi  87 dari 127 negara yang masuk dalam laporan negara paling inovatf di dunia. Sebenarnya cukup sedih melihat laporan ini karena ternyata negara-negara tetangga kita di Asia tenggara bahkan ada di atas posisis Negara Indonesia, sebut saja Malaysia (37). Vietnam (47), dan Thailand (51).
Tidak lama setelah melihat laporan ini,  kalimat yanng langsung terucap di bibir saya “Indonesia terlalu sibuk urus agama sih!”, Ya, Indonesia sangat disayangkan masih sibuk mengurusi hal-hal yang bersifat privasi dan dibahas dalam ruang publik ketimbang sibuk mengurus hal-hal yang jauh lebih produktif. Kadang, saya juga capek mabaca atau menonton berita tentang permasalahan agama di Indonesia. Come on, Indonesia! Zaman sekarang kita masih sibuk urus agama? Eh, bukannya agama itu penting dalam hidup? Ya, saya tidak mengatakan bahwa agama itu tidak penting, agama sangat penting bagi hidup manusia, tetapi yang jauh lebih penting menurut saya adalah tidak mengurusi agama orang dan membawanya ke dalam ruang publik. Biarkanlah agama itu bebas berada di hati setiap orang yang memeluknya, urusan agama biar menjadi urusan setiap pribadi dan Tuhannya.  Kita tidak perlu mempeributkan tentang apa agama yang dianut semua orang. Cukup yakini, dan refleksikanlah keindahndah dan damainya agamamu ke dalam sikap dan tingkah lakumu.
Mungkin kita tidak sadar, kita terlalu sibuk dengan urusan yang yang tidak membuat negara kita maju, sedangkan negara-negara eropa dan amerika sudah  begitu pesat dengan penemuan teknologi, inovasi, dsb.
 Marilah mulai sekarang kita mulai memanfaatkan setiap waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif untuk kemajuan bangsa. Semoga pemerintah juga dapat memperbaiki institusinya sehingga mempermudah birokrasi agar anak muda lebih gampang untuk mengurus hak paten, memberikan anggaran lebih untuk riset dan peningkatan SDM, juga membangun infrastruktur yang dibutuhkan bangsa agar kita bisa dapat menjadi Negara yang inovatif.

Komentar




  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A great experience! Gerakan Mari Berbagi - Youth Adventure & Youth Leaders Forum 2015

Haruskah cepat menikah?

The Power of Positive Thinking!!